Kata Baku: Andal, Bukan Handal!

ANDAL adalah salah satu kata yang sering "dizhalimi". Banyak orang yang mengabaikan penulisan kata "andal" yang benar (baku), yakni ditulis "handal", terutama jika kata itu "sendirian" tanpa awalan dan akhiran.

Kalangan media atau wartawan/editor pun sering salah menulis kata andal. Ini "sebagian kecil" buktinya:
Masih kurang contohnya? Ini deh.. "Saya pernah kehilangan handal di masjid...." (JK).
Ciptakan Generasi Penerus Imam dan Khatib Handal, Pemkab Inhu Datangkan Dosen UIN - See more at: http://www.goriau.com/berita/indragiri-hulu/ciptakan-generasi-penerus-imam-dan-khatib-handal-pemkab-inhu-datangkan-dosen-uin-riau-sebagai-pembicara-saat-pelatihan.html#sthash.2EQAUapw.dpuf

Itulah nasib kata baku andal jika ditulis "sendirian" (kata dasar). Jika ditambah awalan atau akhiran (me-kan), jarang salah tulis. Misalnya:
Jadi, yang baku atau benar itu ANDAL, bukan HANDAL.


Mari kita buka Kamus Besar Bahasa Indonesia:


kata handal bahasa indonesia

Kata HANDAL tidak ada! Yang ada, ANDAL!


kata baku andal

Pengertian AndalAndal, menurut KBBI di atas, artinya (1) dapat dipercaya; (2) memberikan hasil yang sama pada ujian atau percobaan yang berulang; meng·an·dal·kan = menaruh kepercayaan kepada; menjamin akan kesanggupan, kekuatan, atau kemampuannya.

Kata Baku Lainnya
Selain andal, kata yang seraing “dizhalimi” dalam penulisannya dengan penambahan huruf “h” antara lain embus (hembus) dan utang (hutang).

Yang baku: “embus”, bukan “hembus” dan “utang” bukan “hutang”.

Jadi, ia “mengembuskan” nafasnya ketika “utangnya” lunas, bukan ia “menghembuskan” nafasnya ketika “hutangnya” lunas.

Satu lagi, yang benar tu “imbau”, bukan “himbau”. Jadi, yang benar itu: “kami mengimbau…”, bukan “kami menghimbau”. Yang benar, “imbauan”, bukan “himbauan”!

Dalam konteks bahasa jurnalistik, penggunaan kata baku andal, embus, utang, dan imbau jelas lebih hemat satu huruf ketimbang yang tidak baku: handal, hembus, hutang, dan himbau. Wasalam. (http://bahasajurnalistik.blogspot.com).*
Romeltea
Romeltea Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Post a Comment for "Kata Baku: Andal, Bukan Handal!"